Mengetahui Penyebab Eksim Rambut dan Cara Mengobatinya

Mengetahui Penyebab Eksim Rambut dan Cara Mengobatinyaeksim rambut

Eksim rambut merupakan salah satu masalah pada kulit kepala yang harus anda waspadai. Mungkin anda sudah sering mendengar jenis penyakit eksim ini. Sebab penyakit eksim tak hanya tumbuh di kulit kepala saja, namun juga bisa tumbuh di bagian kulit yang lainnya. Penyakit eksim ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal yang berlebihan pada kulit kepala. Bahkan dapat mengakibatkan kulit kepala berdarah karena menggaruknya yang terlalu keras.

Eksim pada kulit kepala ini juga bisa disebut dengan dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik memang merupakan bentuk umum eksim kronis pada kulit kepala yang berkaitan dengan jamur. Eksim di kulit kepala itu lain halnya dengan kulit kepala yang kering atau alergi akibat salah memakai produk perawatan rambut. Terkadang masih banyak orang yang belum bisa membedakannya.

Gejala Eksim Rambut

Pada umumnya seseorang yang terkena eksim rambut akan mengalami berbagai macam gejala. Diantaranya seperti bagian kulit kepala yang bersisik dan terdapat ruam merah. Kemudian juga terasa sangat berminyak bahkan seperti berlilin. Tak hanya itu saja, munculnya rasa gatal yang berlebih menjadikan kulit kepala serasa terbakar.

Jika penyakit eksim di kulit kepala anda sudah parah, pada umumnya muncul gejala yang lainnya seperti keluarnya cairan dari dalam telinga. Maka dari itu, jika anda sudah mengalami tanda-tanda dari penyakit eksim ini sebaiknya segera diobati. Tujuannya agar penyakit yang anda derita tidak semakin parah.

Penyebab Eksim Rambut

Eksim di kulit kepala bisa disebabkan karena produksi minyak di kulit kepala yang berlebih. Selain itu, penyakit kulit ini juga ada kaitannya dengan jamur Malassezia. Meskipun demikian, tidak sepenuhnya eksim diakibatkan oleh jenis jamur tersebut.

Perlu anda ketahui, jika interaksi dari jamur Malassezia, zat dari metabolisme, kulit serta sel imun bisa mengakibatkan adanya reaksi peradangan. Hal inilah yang mengakibatkan munculnya eksim di kulit kepala.

Kemudian ada juga beberapa hal yang dapat memperburuk gejala eksim di kulit kepala. Antara lain seperti kondisi perubahan cuaca yang ekstrem, dari cuaca yang dingin atau cuaca yang terlalu panas dan kering. Selain itu, perubahan hormon dan tingkat stres yang tinggi juga dapat memicu timbulnya penyakit kulit ini.

Cara Mengobati Eksim pada Kulit Kepala

Cara yang tepat untuk mengobati penyakit eksim rambut ini yaitu dengan cara mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ahli. Karena, anda perlu memastikan diagnosis dari permasalahan kulit yang sedang anda alami ini.

Akan tetapi jika anda ingin mengobati penyakit ini sendiri di rumah, maka anda bisa mengobatinya dengan cara yang alami seperti berikut ini.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk mengobati penyakit eksim rambut ini. Anda bisa mencobanya dengan cara mengoleskan getah yang diambil dari hasil menyayat batang lidah buaya.

Setelah itu, anda bisa mengoleskan lendir lidah buaya tersebut di kulit kepala. Di dalam tanaman lidah buaya ini terdapat kandungan yang bisa mengurangi bakteri dan gatal karena eksim ini. Kandungan tersebut diantaranya yaitu mannans asetat, antrakuinon, serta magnesium.

  1. Bawang Merah

Harus anda tahu, jika bawang merah memiliki getah yang dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit eksim di kulit kepala. Cara menggunakannya, anda bisa mengoleskan getah bawang ini pada bagian kulit kepala supaya anda dapat terhindar dari gangguan ini.

Selain dengan berbagai perawatan tersebut, jagalah kulit kepala anda supaya tidak berkeringat yang terlalu banyak. Karena ini bisa mengakibatkan penyakit eksim rambut anda semakin parah. Hindari juga makanan yang bisa memicu alergi seperti telur, susu, cokelat, dan lain sebagainya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F