Perbedaan Dokter Gigi dengan Dokter Ortodontis

Perbedaan Dokter Gigi dengan Dokter Ortodontis

Tahukah Anda bahwa tidak semua dokter gigi dapat memasang behel/kawat gigi karena seperti dokter lain yang mengambil spesialis tertentu, para dokter gigi juga mengambil spesialisasi yang berbeda. Bagi Anda yang hendak memasang behel/kawat gigi maka Anda bisa mengunjungi dokter gigi spesialis ortodontis.

Lalu bagaimana tahu apaka dokter gigi tersebut merupakan dokter gigi spesialis ortodontis atau bukan? Dokter ortodontis biasanya memiliki gelar “Sp. Ort” di belakang namanya. Mengapa Anda harus mendatangi dokter gigi spesialis ortodontis? Apakah dokter gigi biasa tidak bisa memasang behel/kawat gigi?

Persamaan Dokter Gigi Biasa dengan Ortodontis

Dokter gigi biasa dengan dokter spesialis ortodontis sama-sama berfokus pada perawatan mulut. Dokter ortodontis bisa bekerja di rumah sakit umum dan memberi perawatan dan memberikan perawatan kepada pasien sebagaimana yang dilakukan oleh dokter gigi biasa.

Perbedaan Dokter Gigi Biasa dengan Ortodontis

Seorang dokter gigi spesialis ortodontis membutuhkan pendidikan tambahan setelah lulus dari jurusan kedokteran gigi, sama dengan halnya dokter bedah yang harus meneruskan pendidikan lagi setelah lulus dari sekolah kedokteran.

Dokter gigi biasa akan memberikan perawatan seputar kebersihan gigi dan mulut pasien serta menangani hal-hal yang tidak terlalu parah seperti:

  • Melakukan pemeriksaan awal
  • Memeriksa dan menambal gigi berlubang
  • Meresepkan obat untuk gigi yang linu dan gusi yang bengkak
  • Mencabut gigi yang hampir patah
  • Memutihkan gigi
  • Melakukan veeners

Sementara dokter gigi spesialis ortodontis bertugas untuk menangani masalah-masalah berikut:

  • Gigi yang tidak sejajar
  • Gigi yang jumlahnya berlebih sehingga membuat mulut terasa sesak
  • Overbite (rahang terlalu maju sehingga melukai bibir tiap kali mengigit dan mengunyah makanan)
  • Underbite (rahang terlalu mundur sehingga melukai lidah maupun pipi bagian dalam ketika mengunyah makanan)

Jadi jika Anda memiliki masalah gigi tidak rapi, rahang yang terlalu maju atau mundur dan berniat untuk merapikannya dengan kawat/behel gigi maka pergilah ke dokter gigi ortodontis.

Anda bisa saja pergi ke dokter gigi biasa untuk melakukan pemeriksaan. Jika dokter gigi tersebut menyatakan bahwa Anda mengalami overbite atau underbite, biasanya mereka akan menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter gigi spesialis ortodontis. Anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk area jakarta di https://jakartasmile.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F