Penyebab Bau Badan dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Bau Badan dan Cara Menghilangkannya

Pernahkah mengalami bau badan yang tak sedap? Jika iya, tentu hal ini akan mengganggu aktivitas yang sedang dijalankan bahkan bisa membuat rasa percaya diri Anda menurun. Selain itu, mengalami bau badan juga akan dihindari oleh banyak orang, karena mereka merasa kurang nyaman dengan bau tersebut. Sebenarnya apa saja sih penyebab bau badan muncul? Dan bagaimana cara menghilangkan bau badan tersebut. Mari simak penjelasan dibawah ini.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Secara ilmiah, bau badan muncul disebabkan karena kelenjar keringat di tubuh manusia. Pada dasarnya keringat manusia itu tidak memiliki bau. Namun jika terlalu lama menempel di kulit tubuh, maka akan menimbulkan bakteri yang ada di kulit berkembang biak dengan cepat sehingga terjadilah bau badan yang tidak sedap. Hal semacam ini biasanya terjadi pada kelenjar apokrin yang terdapat di area lipatan tubuh, seperti ketiak. Mengapa? Karena daerah kelenjar keringat ini memiliki pori-pori besar serta lembab, sehingga bakteri akan lebih mudah berkembang biak dan membusuk. Kelenjar apokrin mulai aktif saat manusia menginjak usia remaja (pubertas).

 

Selain itu, bau badan juga muncul karena pola hidup yang kurang sehat, seperti sering konsumsi alkohol, makan makanan tidak sehat, obesitas, kurang olahraga, bahkan faktor genetik juga bisa menyebabkannya. Nah, berikut ini cara menghilangkan bau badan secara alami yang mudah dicoba.

  1. Mengkonsumsi Daun Kemangi

Cara alami pertama menghilangkan bau badan yang tidak sedap, ialah dengan mengkonsumsi daun kemangi. Kandungan minyak atsiri didalam daun kemangi, mampu memberikan bau segar pada tubuh manusia. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan atau menjadikannya teh, dengan cara menjemur daun kemangi hingga kering lalu diseduh dan disaring dengan air panas.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Selain sebagai penyedap masakan, ternyata bawang putih juga dipercaya mampu menghilangkan bau tak sedap pada tubuh manusia. Hal ini dikarenakan, bawang putih banyak mengandung allicin (senyawa sulfur) serta anti oksidan yang berperan sebagai anti bakteri. Caranya mudah, haluskan 3-4 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin.

  1. Menggunakan Daun Beluntas

Daun beluntas adalah tumbuhan liar kecil yang sering tumbuh tanpa harus dirawat. Biasanya banyak dijumpai di pinggiran pantai. Tumbuhan ini mengandung banyak senyawa bagus, diantaranya vitamin A, C, minyak atsiri, dan masih banyak lagi. Cara pengaplikasiannya mudah, cukup dengan merebus daun beluntas hingga mendidih, lalu minum airnya secara rutin 2 kali sehari.

  1. Banyak Konsumsi Air Putih

Banyak mengkonsumsi air putih, merupakan cara alami menghilangkan bau badan yang sangat mudah dilakukan. Umumnya keringat berlebih itu muncul dikarenakan setres dan kondisi tubuh yang gerah. Oleh sebab itu, dengan meminum air putih maka racun dan bakteri penyebab munculnya bau badan akan mudah dikeluarkan. Biasanya proses ini terjadi bersamaan dengan keluarnya urine, alias saat kencing.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Buah apel mengandung asam tartar yang dapat memperlambat perkembangan bakteri, sedangkan cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk antimikroba. Caranya, oleskan cuka apel pada ketiak dengan kapas, selanjutnya biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dan mandi. Lakukan cara ini sebelum Anda mandi.

Itulah penyebab dan cara alami menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Selain menerapkan cara diatas, agar terhindar dari bau badan kurang sedap adalah menjaga kebersihan tubuh seperti mandi 2 kali sehari dan menggunakan deodorant. Selamat mencoba, semoga bau badan Anda bisa segera hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F