Jenis Asuransi Mobil Baru yang Perlu Diketahui

Jenis Asuransi Mobil Baru yang Perlu Diketahui

Memiliki mobil merupakan salah satu impian banyak orang. Mobil merupakan salah satu jenis transportasi yang keberadaannya semakin berkembang pesat di Indonesia. Permintaan atas pembelian mobil tiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini juga berimbas pada berkembang pesatnya jenis asuransi mobil di Indonesia.

Setiap orang, pasti tidak ingin mengalami hal-hal buruk pada mobil yang dimilikinya. Berkaitan dengan hal ini, banyak asuransi mobil baru yang menawarkan jasa-jasa kepada para pemilik mobil agar kendaraannya tetap aman. Banyak perusahaan asuransi yang kemudian muncul dan menawarkan produk-produknya kepada para pemilik mobil. Selain itu, perusahaan asuransi juga banyak menjalin kerjasama dengan perusahaan mobil, sehingga para pembeli mobil baru bisa langsung mendapatkan penawaran asuransi mobil.

Meskipun demikian, tidak semua pemilik mobil belum begitu mengetahui tentang manfaat serta pentingnya asuransi mobil. Bahkan, karena kekurangpahaman pembeli mobil dengan asuransi, mereka hanya membiarkan perusahaan mobil atau leasing mobil untuk memilihkan perusahaan asuransi mobil yang akan digunakan. Jika demikian, maka pengguna asuransi tidak akan mampu memilih perusahaan asuransi yang berkualitas.

Jenis Asuransi Mobil Baru yang Menguntungkan untuk Pemilik Mobil

Asuransi mobil sendiri terdiri atas beberapa jenis yang berbeda-beda. Masing-masing jenis asuransi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, sehingga sangat penting untuk dipahami oleh calon pengguna asuransi. Berikut ini beberapa jenis asuransi mobil yang dapat digunakan untuk menjamin kemanan mobil:

  1. Asuransi Mobil All-Risk

Pada dasarnya, terdapat dua jenis asuransi yang dapat digunakan oleh pemilik mobil, yakni asuransi all-risk atau comprehensive dan TLO. Asuransi all-risk ini merupakan jenis asuransi yang mana pihak penyedianya akan membayarkan klaim untuk segala jenis kerusakan pada mobil, mulai dari yang ringan hingga kerusakan yang berat, bahkan kehilangan sekalipun.

Untuk mendapatkan layanan asuransi ini, pemilik mobil harus membayarkan biaya premi secara rutin sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Jika sudah demikian, maka pengguna asuransi sudah bisa mendapatkan program perlindungan terhadap mobil.

Adapun untuk tarif premi asuransi, tiap perusahaan memiliki besaran premi yang berbeda-beda. Dengan demikian, akan lebih baik apabila calon pengguna asuransi memahami semua kewajiban pembayaran yang akan ditanggungnya.

  1. Asuransi Total Lost Only atau TLO

Asuransi Total Lost Only ini merupakan jenis asuransi mobil yang menjamin keamanan mobil penggunanya dari risiko pencurian dan kerusakan mobil dengan biaya perbaikan yang nilainya sama atau melebihi 75 % dari harga kendaraan sebelum mengalami kerugian. Jika dibandingkan dengan asuransi All-Risk, umumnya jenis asuransi mobil yang satu ini memiliki premi yang lebih rendah.

Premi yang lebih rendah pada jenis asuransi ini, memungkinkan penggunanya untuk menggunakan dananya guna memenuhi kebutuhan lain seperti perawatan dan sebagainya. Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan berbagai pertimbangan lain.

Asuransi mobil merupakan salah jenis layanan yang sangat penting dan memiliki manfaat yang besar bagi pemilik mobil. Ketika mobil baru mengalami kecelakaan atau kerusakan tertentu yang tidak terduga, maka pemilik mobil akan mendapatkan biaya untuk memperbaiki mobil tersebut. Setiap orang pasti tidak berharap mobilnya mengalami kecelakaan atau kerusakan lainnya. Namun, adanya asuransi ini mampu meminimalkan risiko kerugian bagi penggunanya. Bagi Anda yang ingin yang memiliki mobil, atau hendak membeli mobil, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi dari perusahaan yang berkualitas dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F