Ibu Hamil Perlu Asupan Makanan yang Sehat

Ibu Hamil Perlu Asupan Makanan yang Sehat

Asupan makanan yang sehat sangat penting bagi setiap orang, terlebih lagi bagi ibu yang sedang mengandung sang janin. Kehamilan merupakan masa yang sangat riskan, sehingga segala halnya harus benar-benar diperhatikan, termasuk makanan untuk ibu hamil. Dengan menjaga asupan makanan tetap sehat, maka selain tubuh ibu menjadi sehat, tumbuh kembang bayi juga akan semakin baik.

Makanan menjadi sumber dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, manusia adalah mahluk heterotrof, sehingga tidak dapat menghasilkan nutrisi pokok yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu, manusia harus mengonsumsi berbagai jenis makanan agar kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi, sehingga mampu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bagi ibu hamil, nutrisi yang dibutuhkan tentu saja tidak hanya untuk ibu saja, melainkan juga untuk sang buah hati. Dengan demikian, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil berbeda dengan orang biasa. Banyak nutrisi yang harus dipenuhi sehingga mampu mengoptimalkan tumbuh kembang sang janin. Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan menjadikan sang janin tetap sehat dan mampu lahir menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Menjaga Asupan Makanan untuk Ibu Hamil

Dalam menjaga asupan makanan untuk ibu hamil, terdapat beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan. Hal ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi sang ibu dan janin. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil dalam menjaga asupan makanan:

  1. Mencukupi Asupan Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bahkan, asupan asam folat ini sangat baik untuk dipenuhi sejak sebelum kehamilan. Senyawa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin, sehingga asam folat berpengaruh terhadap kecerdasan janin kelak.

Kandungan asam folat dari berbagai jenis makanan juga sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan kehamilan. Dengan mencukupi kebutuhan asam folat, ibu hamil turut berperan dalam mencegah terjadinya kecacatan dan komplikasi kehamilan.  Ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan asam folat dari sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, serta tambahan dari susu khusus untuk ibu hamil.

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Janin

Menjaga asupan makanan juga berarti bahwa ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Ibu hamil bisa berkonsultasi pada bidan atau dokter yang kompeten terkait dengan nutrisi beserta makanan yang dibutuhkan selama kehamilan. Jangan sampai salah satu nutrisi terlewatkan, sehingga kesehatan dan tumbuh kembang janin terganggu.

  1. Menyeimbangkan Asupan Nutrisi

Mengetahui berbagai jenis makanan yang sangat menguntungkan untuk tumbuh kembang bayi memang sangat penting. Namun, ibu hamil juga harus menyeimbangkan asupan nutrisi. Hindari pola makan yang hanya berharap pada satu jenis nutrisi saja. Berbagai kebutuhan nutrisi harus bisa terpenuhi dan seimbang, sehingga tumbuh kembang janin pun akan optimal.

  1. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Makanan

Selain dari jenis makanan, dari segi kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi pun juga harus benar-benar diperhatikan oleh ibu hamil. Pastikan bahwa ibu selalu menjaga higienitas makanan yang dikonsumsi, sehingga makanan bersih dari kotoran maupun senyawa berbahaya. Ketika mengolah makanan pun, ibu hamil juga harus menjaga kematangan masakan, sehingga mikroorganisme patogen telah mati dan masakan aman untuk dikonsumsi.

Menjaga asupan makanan untuk ibu hamil merupakan salah satu langkah dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin, sehingga kelak janin bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F