Cara Mengurus STNK yang Hilang Dengan Mudah

Cara Mengurus STNK yang Hilang Dengan Mudah

STNK merupakan salah satu dokumen penting yang jika hilang tentu saja akan membuat Anda bingung dan pusing. STNK sebagai surat tanda bukti kendaraan bermotor yang sah akan selalu diminta jika Anda bertemu polisi lalu lintas. Jika tidak segera mengurusnya Anda akan kerepotan karena tidak bisa berkendara tanpa STNK. Mengurus STNK hilang sebenarnya tidak seribet yang Anda bayangkan. Tanpa bantuan orang lain Anda bisa mengurusnya dengan mudah.

Berikut Ini Langkah-Langkah Mengurus STNK Hilang

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan yang hilang akan menyebabkan Anda bisa ditilang polisi jika menggunakan kendaraannya. Selain itu, Anda juga akan kerepotan jika parkir di tempat resmi seperti mall atau hotel karena biasanya mereka akan meminta STNK ketika masuk maupun keluar dari area parkir. Oleh sebab itu, jika Anda kehilangan STNK maka harus segera diurus agar kendaraan bisa digunakan kembali. Berikut ini langkah-langkah mudah dalam mengurus STNK hilang:

  1. Buat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi Terdekat

Setelah menyadari bahwa STNK hilang dan tidak bisa ditemukan, Anda harus sesegera mungkin untuk melapor ke polres atau polsek terdekat. Setelah melapor Anda harus meminta surat keterangan kehilangan yang nantinya akan dijadikan persyaratan administratif untuk membuat STNK baru.

  1. Siapkan Persyaratan Administratif

Dalam akun facebook resminya, Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri menginformasikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus pembaruan STNK yang hilang. Persyaratan administratif yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah :

  • Fotokopi STNK yang hilang
  • Surat keterangan kehilangan dari polsek atau polres yang sudah Anda buat sebelumnya
  • Fotokopi KTP pemilik kendaraan
  • KTP asli pemilik kendaraan
  • Fotokopi BPKB kendaraan
  • BPKB asli kendaraan
  1. Datang ke Kantor Samsat Terdekat

Jika semua persyaratan administratif tersebut sudah dipenuhi, selanjutnya Anda tinggal datang ke Sistem Manunggal Satu Atap atau SAMSAT yang bertugas mengurus STNK hilang. Di SAMSAT inilah STNK baru akan diterbitkan atau disahkan oleh tiga instansi diantaranya adalah Dinas Pendapatan Provinsi, Polri, serta Jasa Raharja.

  1. Cek Fisik Kendaraan

Di kantor SAMSAT Anda akan diarahkan untuk cek fisik kendaraan. Cek fisik kendaraan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kendaraan seperti nomor mesin, nomor kendaraan, warna mobil, serta nomor rangka. Setelah itu akan dibuatkan hasil cek fisiknya yang kemudian harus Anda fotokopi. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti prosedur sebagai berikut:

  • Melakukan pengisian formulir pendaftaran kemudian menyerahkannya ke loket beserta dengan persyaratan administratif yang Anda bawa dari rumah.
  • Melakukan pengurusan cek blokir.
  • Menuju loket BBN II untuk melakukan pengurusan pembuatan STNK baru.
  • Membayar Pajak Kendaraan jika Anda belum membayarnya.
  • Melakukan pembayaran pembuatan STNK baru dengan tarif Rp 50.000 untuk kendaraan roda 2, roda 3, dan angkutan umum. Sedangkan kendaraan roda 4 dikenakan tarif Rp 75.000.
  1. Mengambil SKPD dan STNK

Langkah terakhir dalam mengurus STNK hilang setelah semua prosedur dilakukan adalah mengambil SKPD dan STNK. Cara mengambilnya yaitu dengan menyerahkan bukti pembayaran yang telah dilakukan ke bagian pengambilan. Selanjutnya Anda akan disuruh untuk menunggu dan akan dipanggil jika sudah tiba giliran.

Itulah cara mengurus STNK hilang dengan mudah tanpa bantuan calo. Jika kehilangan STNK segera uruslah pembuatan baru agar Anda tidak kerepotan karena tidak bisa menggunakan kendaraannya. Semoga informasi yang diberikan tersebut dapat membantu Anda mendapatkan STNK baru dengan mudah tanpa perlu menggunakan calo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F