Cara Memilih Ikaan yang Segar

Cara Memilih Ikaan yang Segar


Ikan adalah bahan pangan yang mengandung protein tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh manusia karena selain mudah dicerna, juga mengandung asam amino dengan pola yang hampir sama dengan asam amino yang terdapat dalam tubuh manusia. Kandungan gizi dan protein yangtinggi menjadikan ikan sebagai makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, baik dalam bentuk segar, maupun dalam bentuk olahan.

Tentu saat kita mau membeli ikan di pasaran kita harus tahu dulu yang mana ikan segar dan yang mana ikan yang tidak segar lagi, banyaknya jenis ikan di pasaran tentu kita juga bingung menentukan ikan untuk kita pilih sebelum membelinya.

Siapapun itu pastinya sangat pedulu dengan kesegaran ikan pada saat kita membelinya, mau tau kan Cara Memilih Ikaan yang Segar? nah berikut ini ada beberapa caranya bagi kalian yang mau membeli ikan.
  • Cara selanjutnya adalah melakukan penekanan pada tubuh ikan. Ikan yang masih segar masih memiliki kekenyalan pada tubuhnya. Jika Anda menekan tubuhnya, maka seketika juga bentuknya akan kembali seperti semula saat dilepaskan. Ikan yang sudah tidak segar, tubuhnya menjadi lembek atau agak lama kembali ke bentuk semula saat ditekan.
  • Amati bagian belakang insang. Temukan bagian seperti urat di situ. Setelah itu, pencet bagian urat tersebut hingga mengeluarkan darah. Jika warna darah masih segar, maka ikan tersebut masih baru. Waspadai jika warna merahnya seperti pewarna. Sebaiknya tidak memilih ikan dengan warna darah yang mencurigakan.
  • Amati bola mata ikan. Mata ikan yang masih segar memiliki tampilan yang bening. Ikan yang sudah mati dalam semalam, biasanya menunjukkan bola mata yang pucat.

Semoga kalian tidak salah beli lagi ya dan harus beli yang segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5AB07DBBC725F